0214705841
08127866663
08127866663

Harga Medicine Ball Pasir 7kg Grosir

Tuesday, September 27th 2022. | Uncategorized
Harga Medicine Ball Pasir 7kg Grosir

Bola yang satu ini memang tak besar. Namun, ia bisa membuat tubuh lebih kencang dan bugar. Fungsinya tak jauh berbeda dengan dumbbell,  untuk melatih kekuatan otot, ketahanan otot, stabilitas, koordinasi tubuh, proprioception (merangsang  respon syaraf-syaraf otot) dan plyometric (gerak eksplosif otot memanjang dan memendek dalam tempo cepat). Bentuknya sebesar bola kaki dengan berat dari 1-11 kg. Kita bisa menggunakannya dengan cara diayun atau dilempar. Medicine ball (MB) memang sangat cocok jika kita ingin memaksimalkan latihan peregangan.

Agar tidak kaget, sebaiknya pemula menggunakan medicine ball yang ringan. Setelah itu, untuk mendapatkan hasil latihan yang lebih maksimal, kita boleh menggantinya dengan yang lebih berat secara bertahap. Yang terpenting adalah gerakan kita selama berlatih terkendali dengan baik.

Teknik gerakan latihannya bisa seperti MB Squat dan lunges yang digunakan untuk melatih kaki, MB push up untuk melatih dada, MB Squat & Jump untuk melatih kemampuan plyometric daerah kaki, MB Torso Rotation untuk melatih area abdominal, MB Rolling Side to Side untuk melatih otot-otot inti, MB Shoulder Press untuk melatih area bahu dan sebagainya. Repetisi yang digunakan 10-15 repetisi dalam 3-4 set atau hitungan waktu seperti 30 detik, 45 detik sampai 1 menit.

Berlatih dengan medicine ball berbeda hasilnya dengan berlatih menggunakan barbell atau dumbbell. Berlatih dengan barbell atau dumbbell lebih ke kekuatan dan ketahanan otot, karena lebih difokuskan ke peningkatan kekuatan dan ketahanan mengangkat beban. Sementara medicine ball lebih besar ke penggunaan gerak fungsi tubuh secara menyeluruh karena beban yang digunakan relatif ringan.

BERLATIH DENGAN GEMBIRA MENGGUNAKAN ALAT KUNO

Beraktifitas menggunakan bola sebagai medianya merupakan kegiatan yang sangat disukai oleh banyak orang, usia anak-anak hingga dewasa. Bisa menggunakan bola busa, karet, kulit, bola kecil, maupun bola besar. Tanpa disadari beraktifitas fisik menggunakan bola adalah gerakan fisik yang tidak hanya mengembangkan keterampilan melempar dan menangkap saja, tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan gerak kinestika lainya. Kecerdasan ini meliputi kemampuan fisik yang khusus, seperti koordinasi, keseimbngan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan maupun kemampuan menerima rangsangan panca indera.

Yang ingin dikemukan dalam artikel ini adalah sebuah bola yang muncul dari hasil kreatifitas jaman baheula, yaitu Medicine Ball. Menurut satu situs Fit Day yang mengelola tentang Diet & Fitness menulis Med Ball berasal dari zaman Persia kuno (Iran). Med Ball saat itu dibuat dari Kantung kemih binatang kemudian diisi pasir, pertama kali digunakan lebih dari 3.000 tahun yang lalu oleh pegulat Persia. Med Ball juga digunakan oleh tentara Persia sebagai bagian dari bentuk latihan kekuatan yang dilakukan oleh Resimen tempurnya. Ada satu tulisan yang dimuat di A-Z Central, Sekitar 460 SM, kulit berisi pasir yang penuh digunakan medicinally oleh pasien dari Hippocrates. Dia percaya bahwa untuk memperbaiki otot yang cedera/rehabilitasi cedera melakukan gerakan tertentu dengan menggunakan alat berbentuk bola, makanya disebut Medicine Ball.

KENAPA MED BALL?

Seiring dengan berkembangnya rekayasa teknologi dan produk, maka terjadi lonjakan peningkatan dalam penggunaan Med Ball secara modern, bahkan sekarang dibuat dengan berbagai macam bentuk serta bahan sesuai peruntukannya. Namun ada alasan lain mengapa Med Ball menjadi pilihan untuk digunakan dalam berbagai latihan kondisi fisik, antara lain:

PROTABILITAS (sangat simple dan mudah dibawa) – Ketika cuaca cerah, kita bisa bawa keluar ruang/lapangan, dengan membawa matras, stopwatch, dan Med Ball sudah bisa dilakukan sesi latihan seluruh bagian tubuh tanpa harus membawa dumbbells atau kettlebells ukuran yang berbeda. Cukup dengan Med Ball 4 – 5 kg kita akan dapat memberikan latihan dengan volume serta intensitas yang dikehendaki.

FLEKSIBILITAS – Salah satu hal yang lain dari alat latihan seperti Med Ball adalah bias digunakan pass, shoot, dan slam. Tidak seperti dumbbell dan kettlebell yang tidak bisa dilempar apalagi ditangkap. Med Ball merupakan sebuah alat latihan yang sangat besar manfaatnya, bisa dilakukan secara individu maupun berdua.

FUN – Sebagaimana dicatat, atlet terkadang jenuh dengan rutinitas program. Saat tertentu ingin suatu latihan yang fun tetapi tetap tidak keluar dari tujuan program. Bola identik dengan bermain dan permainan, ini sebuah konotasi yang baik untuk tercapainya sasaran sebuah program latihan. Ada perbedaan yang sedikit namun cukup signifikan bila Atlet memegang bola yang berat dan ringan. Berbeda bila Atlet memegang dumbbell yang berbeda sedikit beratnya, akan terlihat seperti malas untuk memegangnya..

EKONOMIS – Med Ball memang bukan alat yang segalanya, tapi dibandingkan dengan kettlebell dan dumbbell, ini adalah alternatif yang hemat biaya. Satu set dumbbells yang baru harus merogoh kocek yang tidak sedikit demikian pula dengan perlengkapan gym.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Artikel lain Harga Medicine Ball Pasir 7kg Grosir